Journal Universitas Halmahera
Abstrak
PENGARUH BAHAN AJAR BERPENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR SAINS KOMPETENSI PERISTIWA ALAM DI INDONESIA
Alice Yeni Verawati Wote dan Amarila Radja
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar berpendekatan SETS (science, environment, technology, and society) terhadap hasil belajar sains kompetensi peristiwa alam di Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada seluruh siswa Kelas V SD Inpres Upa Kabupaten Halmahera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif.
Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 20. Melalui analisis regresi sederhana diperoleh hasil penelitian yaitu terdapat pengaruh yang postif dan signifikan bahan ajar berpendekatan SETS (science, environment, technology, and society) terhadap hasil belajar sains kompetesi peristiwa alam di Indonesia yang ditunjukkan oleh uji F test. Diperoleh Fhitung = 9,517 Ftabel = 4,30 pada taraf signifikan 5%. Kemudian, melalui hasil uji t, diperoleh thitung = 3,085 ttabel = 2,074 dengan nilai RSquare = 0,302. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan bahan ajar berpendekatan SETS (science, environment, technology, and society) terhadap hasil belajar sains kompetensi peristiwa alam di Indonesia dengan sumbangan sebesar 30,2% dan sisanya 69,8% disumbangkan oleh faktor lain.