Journal Universitas Halmahera
Abstrak
ANALISIS PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP PERSEDIAAN BARANG DAGANGAN (Studi Kasus Pada Toko 88 Tobelo)
Wiswi Yanti Lamala dan Rina Silvia dan Novriani M. Wangka
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian internal terhadap persediaan barang dagangan pada Toko 88 Tobelo. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Analisis deskriptif kualitatif. Sumber data yang diperoleh, yaitu data primer dan sekunder.
Hasil penelitian tetang pengendalian internal terhadap persediaan barang dagangan pada Toko 88 Tobelo yang meliputi Lingkungan Pengendaliantelah berjalan dengan baik, adanya integritas dan nilai etika serta komitmen terhadap kompetensi membuat para karyawan bekerja dngan baik dan bertanggung jawab dalam pekerjaan. Filosofi dan Gaya Operasi Manajemen, penetapan wewenang dan tanggung jawab serta kebijakan perusahaanpun telah berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan yang telah dibuat oleh perusahaan. Penilaian Resiko,yang memadai dengan dilakukan perubahan lingkungan, karyawan baru yang dipakai oleh perusahaan memudahkan dalam bekerja.Aktivitas Pengendalian,yang dilakukan oleh perusahaan belum cukup baik, metode penilaian persediaan barang dengan metode stock opname belum diterapkan dengan baik oleh para karyawan. Informasi Dan Komunikasi, yang dilakukan sudah cukup baik, namun perlu ditingkatkan lagi informasi dan komunikasi antara pimpinan dan karyawan misalnya mengenai persediaan barang dagangan dan pengawasan yang dilakukan dengan baik, namun Pengawasan harus dilakukan secara rutin dan terus menerus agar karyawan lebih bertanggung jawab dalam pekerjaan.
Jadi pengendalian internal terhadap persediaan barang dagangan pada Toko 88 Tobelo sudah berjalan dengan baik, tetapi pada dua komponen yaitu informasi dan komunikasi serta pengawasan belum berjalan dengan optimal, sehingga informasi dan komunikasi perlu lebih ditingkatkan lagi dan dilakukan pengawasan secara terus menerus.