Journal Universitas Halmahera
Abstrak
ANALISIS PENJUALAN DAN PERPUTARAN PIUTANG TERHADAP LABA BERSIH (Studi Kasus Pada Toko 88 Tobelo)
Lili Susanti Tuandali dan Rina Silvia dan Yonas Meti
Sebagaimana kita ketahui bahwa tujuan perusahaan yang paling utama adalah fokus pada pencapaian laba. Pencapaian laba yang tinggi dalam suatu perusahaan mengindentifikasikan bahwa perusahaan tersebut dapat mmenjalankan operasionalnya dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari laporan kinerja perusahaan yaitu laporan laba rugi dan laporan posisi keuangan perusahaan. Namun demikian, masih banyak faktor-faktor lain yang tidak kalah penting menjadi sorotan dalam menilai tingkat efesiensi perusahaan, antara lain dilihat dari tingkat penjualan, tingkat perputaran piutang dang tingkat laba bersih.
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan penjualan barang dagang pada Toko 88 kepelangan yang dibayar berdasarkan jatuh tempo sehingga penjualan dan perputaran piutang lebih meningkat.Apabila semakin tinggi tinggkat penjualan maka perputaran piutang semakin cepat sehingg pendapatan laba bersih pada Toko 88 pada tahun 2016-2017semakin meningkat.
Berdasarkan hasil penelitian, maka penilitian menyarangkan bagi investor sebaiknya memperhatikan nilai penjualan, dan perputaran piutang terhadap laba bersih sebelum mengambil keputusan untuk berinvestasi, dan bagi Toko 88 Tobelo sebaiknya memperhatikan penjualan dan perputaran piutang serta laba bersih agar lebih efektif dan efesian sehingga bisa mencapai laba yang maksimal. Bagi peneliti selanjutnya, hendaknya menambah atau memperbanyak variabel independen yang masi berbasis pada laporan keuangan selain yang digunakan dalam penelitian ini dengan tetap berlandasankan pada penelitian-penelitian sebelumnya.