Journal Universitas Halmahera
Abstrak
PENDEKATAN BIMBINGAN KELOMPOK TEHNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN SOSIAL PADA ANAK-ANAK DI PANTI ASUHAN
M.M Puji Nitis Kusumawati dan Yusuf Zakarias Manutede
Penelitian ini adalah pendekatan bimbingan kelompok dalam mengatasi permasalahan anak secara individu yang memiliki kecerdasan sosial rendah yang penanganannya dilakukan secara berkelompok. Tujuan penelitian: 1) Mengetahui bimbingan kelompok dengan menggunakan analisis transaksional dalam membantu mengubah perilaku anak yang susah diatur dan suka mengganggu teman di panti; 2) Mengetahui pengaruh konseling analisis transaksional untuk mengubah perilaku anak yang susah diatur dan suka mengganggu teman di panti agar memiliki kecerdasan sosial yang baik. Penelitian berbentuk studi kasus dan bersifat deskriptif. Teknik pelaksanaan menerapkan bimbingan kelompok analisis transaksional. Subyek penelitian adalah anak-anak Panti Asuhan Sejahtera-Tobelo pada tahun 2017 yang mempunyai perilaku nakal. Sumber data: 1) Primer: Anak-anak Panti Asuhan Sejahtera; 2) Sekunder: pembina dan pengasuh serta teman bermain subjek di lingkungan Panti Asuhan Sejahtera. Langkah-langkah penelitian: 1) identifikasi dan eksplorasi masalah; 2) membangun hubungan; 3) merencanakan pemecahan masalah; 4) aplikasi solusi dan penutupan konseling. Teknik pengumpulan data: 1) observasi; 2) wawancara (interview); dan 3) dokumentasi. Validasi data menggunakan: 1) triangulasi data; 2) triangulasi metode; dan 3) informan review. Teknik analisa data menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa purata (mean) kecerdasan sosial anak panti yang diberikan perlakuan lebih tinggi tingkat kecerdasan sosialnya dibandingkan kecerdasan sosialnya saat sebelum mendapatkan perlakuan. Artinya ada peningkaatan kecerdasan sosial sebelum dan sesudah perlakuan terhadap dengan menggunakan analisis transaksional terhadap anak-anak bermasalah di Panti Asuhan Sejahtera Tobelo.